Buka Hari Raya Pelindung Dekenat ; Lomba dan Tanding Didedikasikan untuk OMK

- Penulis

Senin, 6 Mei 2024 - 20:42 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Patung Hati Kudus Yesus Berbusana Adat

Mena, Lopo NTT.com – Resmi buka Perayaan Hari Raya Hati Kudus Yesus; Pelindung Dekenat Mena yang akan berpuncak pada tanggal 7 Juni mendatang, dibuka secara resmi dengan Perayaan Ekaristi, Senin, 06/05/2024, bertempat di Kapela Santo Fransiskus Xaverius Sumnali – Oesoko, pertandingan dan perlombaan yang diselenggarakan didedikasikan untuk OMK se-Dekenat Mena.

Perayaan Ekaristi dipimpin langsung oleh Deken Dekenat Mena; Rm. Yohanes Seran Nahak, Pr sebagai Selebran Utama bersama Imam Konselebran ; Rm. Frans Naikofi, Pr (Pastor Paroki Fatuoni), Rm. John Naben, Pr (Pastor Paroki Ponu), Rm. Gusty Nesi, Pr (Pastor Pembantu Paroki Fafinesu) Rm. Dius Nahas, Pr dan Rm. Yudel Neno, Pr (Pastor Pembantu Paroki Mena). Hadir dalam Perayaan Ekaristi; para Suster, Frater, DPP-DKP, perwakilan Umat Paroki Mena, Fatuoni, Ponu dan Wini.

Dalam homilinya, Rm. John menegaskan tentang pentingnya menghayati Hati Kudus Yesus sebagai sumber kasih dan sumber inspirasi dalam diri setiap umat beriman. Rm. John meminta keseriusan dan penghayatan Umat Dekenat Mena dalam perarakan Patung Hati Kudus Yesus, seraya memohon; kiranya belas kasih Allah dapat tinggal di dalam hati Umat Dekenat Mena.

Perayaan Ekaristi berlangsung meriah dengan nyanyian indah OMK Paroki Mena yang tergabung dalam Kelompok Filomena Choir, di bawah gemblengan Frater Obet Sila (Frater TOP Paroki Mena).

Umat yang hadir sungguh antusias. Mereka hadir mengenakan busana adat memadati Kapela Oesoko dan halaman sekitarnya.

Deken Dekenat Mena; Rm. Yohanes Seran Nahak, Pr

Deken Mena, Rm. John Seran, Pr ketika diwawancarai oleh Tim Komsos Panitia Hati Kudus Yesus, Dirinya mengatakan bahwa perayaan Hati Kudus Yesus merupakan perayaan yang khas bagi Umat Dekenat Mena. Karena itu, lanjutnya, Dirinya mengharapkan partisipasi iman dari Umat Dekenat Mena dengan menaruh keyakinan yang sungguh pada Hati Kudus sebagai Hati yang Murni, Berbelas Kasih dan Maha Pengampun.

Dalam rangka menjawabi tidak terlaksananya Perayaan Hati Kudus Yesus pada tahun sebelumnya, Romo John, yang pernah bertugas di Paroki Naesleu ini juga mengatakan bahwa pada tahun sebelumnya (tahun 2022), tidak terlaksana karena halangan Pandemi Covid-19.

Selanjutnya Rm. John juga meminta partisipasi OMK se-Dekenat Mena, mengingat bahwa kegiatan pertandingan dan perlombaan, berdasarkan Keputusan Rapat Panitia; didedikasikan untuk OMK. Karena itu, sebagai Deken, Dirinya mengharapkan partisipasi OMK sebagai masa depan Gereja, dalam memeriahkan Hari Raya Hati Kudus Yesus dengan berpartisipasi dalam pertandingan dan perlombaan yang akan diselenggarakan dalam waktu mendatang. Semoga dengan adanya berbagai kegiatan yang bakal diselenggarakan, OMK mendekatkan dan melekatkan diri pada Tuhan.

Ketua Panitia Pesta Hati Kudus, Pelindung Dekenat Mena; Bapak Lukas Usboko

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Hati Kudus Yesus Dekenat Mena, Bapak Lukas Usboko, ketika diwawancarai terkait tujuan dirayakannya Hari Raya Hati Kudus Yesus, Dirinya mengatakan bahwa Perayaan Hati Kudus Yesus dan perarakannya ke Paroki-Paroki, dimaksudkan untuk mendekatkan Tuhan pada umat dan membathinkan Hati Yesus sebagai Sumber Belas Kasih dalam hati Umat Dekenat Mena.

Dirinya berharap; semoga dengan hadirnya Patung Hati Kudus Yesus di Paroki-Paroki dan Stasi-Stasi di Paroki, Umat dapat menumbuhkan semangat sinodalitas dan semangat berdevosi kepada Hati Kudus Yesus. Kepada OMK se-Dekenat Mena, Bapak Lukas, yang juga merupakan Ketua DPD Dekenat Mena, mengatakan bahwa sudah saatnya OMK diberi ruang untuk berekspresi sebagai Tukang Punggung Gereja dan Bangsa.

Ketika ditanya terkait jangka waktu Perayaan Hati Kudus Yesus, Pelindung Dekenat Mena, Bapak Lukas mengatakan, kalau praktek rohani ini menjadi kekhasan Umat Dekenat Mena dan dirayakan dua tahun sekali pada tahun genap. Dirinya juga menyampaikan bahwa pada tahun sebelumnya; tahun 2022, tidak terlaksana karena halangan Covid-19.

Moderator OMK Paroki Fafinesu ; Rm. Gusty Nesi, Pr

Menanggapi keputusan Panitia Hati Kudus Yesus (HKY), pernyataan Deken Mena dan Ketua Panitia tentang lomba dan pertandingan yang didedikasikan untuk OMK se-Dekenat Mena, Rm. Gusty Nesi, Pr , salah satu Pastor Moderator OMK (Pastor Moderator OMK Paroki Fafinesu), mengatakan kesediaannya mempersiapkan OMK untuk berpartisipasi memeriahkan pertandingan dan perlombaan.

Untuk diketahui, pertandingan yang bakal diselenggarakan ialah pertandingan bola volley putera-putri antar OMK dari 10 Paroki di Dekenat Mena. Sementara terkait perlombaan; ada empat mata lomba yakni Lomba; Baca Kitab Suci, Nyanyi Mazmur, Cerdas-Cermat Rohani (CCR) dan Video Profil Paroki-Paroki. Sepuluh Paroki yang bakal berpartisipasi ialah Paroki; Mena, Wini, Manamas, Bakitolas, Fafinesu, Manufui, Lurasik, Manumean, Fatuoni dan Ponu.

Dari kiri : Rm. Yudel Neno, Pr – Rm. Gusty Nesi, Pr – Rm. John Seran, Pr – Rm. Dius Nahas, Pr – Rm. John Naben, Pr dan Rm. Frans Naikofi, Pr

Usai Perayaan Ekaristi, Patung Hati Kudus Yesus diarak dalam suasana doa, menuju Paroki Fatuoni. Alur perarakan Patung Hati Kudus Yesus; dimulai dari Paroki Fatuoni, selanjutnya; Paroki Ponu – Paroki Manumean – Paroki Lurasik – Paroki – Manufui – Paroki Fafinesu – Paroki Bakitolas – Paroki Manamas – Paroki Wini dan akan berakhir di Paroki Mena sebagai Tuan Rumah dan Pusat Dekenat.

Laporan : Tim Komsos Panitia HKY
Editor : RD. Yudel Neno

Penulis : Tim Komsos Panitia HKY

Editor : Yudel Neno

Sumber Berita : Tim Komsos Panitia HKY

Berita ini 179 kali dibaca

Berita Terbaru

Refleksi

Kerajaan Allah Ibarat Biji Sesawi dan Hikmahnya Bagi Giat OMK

Minggu, 16 Jun 2024 - 16:26 WITA

Opini

Politik di Persimpangan Konotasi Negatif dan Sangkalannya

Jumat, 24 Mei 2024 - 14:24 WITA

Katekese

Tiga Kata Kunci dalam Doa Salam Maria

Rabu, 15 Mei 2024 - 08:07 WITA