Lantik 89 OMK Paroki Alas, Rm. Yudel Himbau Pentingnya Rasa Memiliki

- Penulis

Minggu, 28 April 2024 - 16:49 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dari kiri : Pastor Paroki Salib Suci Alas – Pater Yerem Amsikan, SVD dan Sekretaris Komisi Kepemudaan Keuskupan Atambua – Rm. Yudel Neno, Pr

Alas, Lopo NTT .com – Rm. Yudel Neno, Pr (Sekretaris Komisi Kepemudaan Keuskupan Atambua) resmi melantik Delapan Puluh Sembilan Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Salib Suci Alas.

Pelantikan berlangsung dalam Perayaan Ekaristi, Minggu, 28 April 2024 di Paroki, dipimpin oleh Rm. Yudel Neno didampingi Pastor Paroki Salib Suci Alas, Pater Yerem Amsikan, Pr.

Rm. Yudel Neno, Pr

Dalam kata pengantar, Rm. Yudel mengajak OMK dan seluruh umat yang hadir untuk belajar dari filosofi pohon anggur, di mana ia hanya dapat berbuah apabila dibersihkan dan melekat pada pokoknya. Menurut Rm. Yudel, iman hanya dapat bertumbuh dengan baik, dalam semangat berani melepas rasa ego dalam diri.

Rm. Yudel juga meminta OMK Alas untuk membangun rasa memiliki Gereja dan karya pastoral kaum muda demi menumbuh-kembangkan iman umat Paroki Salib Suci Alas.

Perayaan Ekaristi berlangsung khidmat. Delapan Puluh Sembilan OMK tampil mempesona berpakaian adat. Umat yang hadir turut menyaksikan.

Pada momen sambutan, Ketua I DPP Paroki Salib Suci Alas, Bapak Eduardus Bere Loi mengapresiasi OMK atas partisipasi dalam kegiatan gereja seraya menegaskan tentang pentingnya kesetiaan. Bapak Eduardus juga mengapresiasi Pastor Yerem sebagai Pastor Paroki bersama Pater Ande Hane, atas kerja sama yang sangat baik merangkul OMK untuk diberi animasi hingga dilantik pada hari ini.

Baca Juga :  Landasan dan Uraian Pastoral bagi Orang Muda Katolik
Ketua OMK Terlantik Paroki Salib Suci Alas – Yohanes Lau

Ekspresi sukacita luar biasa datang dari Ketua OMK Terlantik, Yohanes Lau. Di hadapan seluruh umat dan Rekan-Rekan OMK, Dirinya meminta komitmen dan kerja sama untuk memajukan karya pastoral kaum muda di Paroki.

Sementara Romo Yudel Neno, Pr dalam sambutannya, menyampaikan proficiat atas terlantiknya OMK Paroki Alas. Seraya menyampaikan terima kasih untuk Pater Yerem sebagai Pastor Paroki dan Pater Ande, Rm. Yudel juga mengajak para Orang Tua, Tokoh Pemerintah, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat untuk mendukung OMK dalam reksa pastoral sebagai orang muda. Rm. Yudel berharap, semoga apa yang sudah diperoleh dalam animasi, tidak hanya sebagai informasi tetapi dijadikan sebagai landasan dan inspirasi dalam karya pastoral sebagai orang muda. Semoga, tambah Rm. Yudel, 89 yang terlantik, setia tak kenal waktu. Lanjut Rm. Yudel; jangan sampai dilantik 89 tetapi yang setia hanya satu – dua orang.

Pater Yerem Amsikan, SVD

Menutup sambutan sebagai Tuan Rumah, Pater Yerem selalu Pastor Paroki, bersama DPP-DKP dan seluruh umat menyampaikan terima kasih atas seluruh partisipasi. Terima kasih juga disampaikan kepada Komisi Kepemudaan atas komitmen tugas memberi animasi dan kemudian melantik OMK Paroki Alas. Tambah Pater Yerem, mudah-mudahan OMK menampakkan pesonanya seraya memohon dukungan sepenuhnya dari para Orang Tua OMK.

Baca Juga :  OMK Antara Cinta dan Moral

Menurut Pater Yerem, OMK mesti aktif bukan karena dipaksa ataupun karena berbagai embel lain melainkan harus aktif sebagai ekspresi iman. Sembari mengangkat karya produktif Yesus semasa mudanya, Pater Yerem mengajak OMK untuk menjadikan masa muda Yesus sebagai landasan dan spirit dalam pastoral kaum muda.

Kepada Pater Ande, Pater Yerem mengatakan; mendapatkan Senior yang luar biasa. Semangatnya tak pernah kendor memberi semangat kepada teman-teman OMK. Pater Yerem juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Moderator OMK; Bapak Servandus Mau Manek dan Bapak Yohanes Ulu. Terima kasih juga disampaikan kepada Seksi Kepemudaan DPP Paroki.

Terima kasih juga disampaikan kepada Pihak TNI di Wilayah Paroki Alas yang selalu siap kapan saja ketika dibutuhkan dalam karya pastoral. Kepada Danki PAM III Satgas Pamtas RI-RDTL, Pater Yerem memberi apresiasi atas kesetiaan melayani melalui kehadiran Anggota yang selalu setia.

 

Laporan : Seksi Komsos Paroki dan OMK
Editor : RD. Yudel Neno

Penulis : Seksi Komsos Paroki Alas

Editor : RD. Yudel Neno

Berita ini 94 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 28 April 2024 - 16:49 WITA

Lantik 89 OMK Paroki Alas, Rm. Yudel Himbau Pentingnya Rasa Memiliki

Berita Terbaru

Refleksi

Kerajaan Allah Ibarat Biji Sesawi dan Hikmahnya Bagi Giat OMK

Minggu, 16 Jun 2024 - 16:26 WITA

Opini

Politik di Persimpangan Konotasi Negatif dan Sangkalannya

Jumat, 24 Mei 2024 - 14:24 WITA

Katekese

Tiga Kata Kunci dalam Doa Salam Maria

Rabu, 15 Mei 2024 - 08:07 WITA